LEMBAGA AKREDITASI PERGURUAN TINGGI

LEMBAGA AKREDITASI PERGURUAN TINGGI

Oleh : Suteja

  1. Latar Belakang Masalah

Kehadiran sebuah lembaga pendidikan tinggi tidak bisa terlepas  dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam memberdayakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa yang mandiri, kreatif, dan produktif. Lembaga pendididikan tinggi diharapkan tetap mampu berperan menjadi social agent bagi bangsa Indonesia dalam menata diri menghadapi masa depan dengan segala dinamikanya yang selalu berubah.

Eksistensi lembaga pendidikan tinggi, dengan demikian, dituntut untuk mampu memahami isyarat-isyarat dan aspirasi hati nurani generasi muda bangsa Indonesia yang dipersiapkan oleh zamannya untuk menjadi pemimpin di masa depan. Kemajemukan tradisi, budaya, agama, keyakinan, dan bahkan kondisi gegografis bangsa Indonesia sepatutnyalah  dijadikan pijakan dasar didalam usaha menggerakkan dan mengelola lembaga pendidikan tinggi yang aspiratif.

Mahasiswa dan masyarakat selama ini hanya diposisikan sebagai konsumen dan penikmat produk pendidikan tinggi. Komunitas pendidikan, terutama mahasiswa dan  orang tua atau wali mahasiswa, kaitannya dengan status akreditasi,  hampir tidak pernah dimintai pendapatnya didalam proses penilaian mutu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia.

Status akdreditasi lembaga pendidikan tinggi di Indonesia selama ini ditentukan oleh sistem yang dibuat oleh lembaga atau instansi yang sengaja dibentuk  oleh pemeerintah yang sedang berkuasa. Lembaga akreditasi ini membuat peraturan dan memberlakukan peraturan yang dibuatnya itu untuk menentukan apakah lembaga pendidikan tinggi memiliki status akreditasi A, B, ataukah C. Lucunya, lembaga akreditasi itu melakukan segala sesuatunya secara sendirian tidak melibatkan komunitas pendidikan dalam hal ini mahasiswa dan orang tua atau wali mahasiswa, dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.

Lahirnya undang-undang dan peraturan yang mengatur masalah dewan sekolah dan komite sekolah berarti berimplikasi terhadap problem status akreditasi lembaga pendidikan tinggi. Sistem akreditasi pendidikan tinggi di Indonesia seyogyanya  harus ditinjau kembali sehingga menjamin keterlibatan komunitas pendidikan di dalamnya sebagai pihak yang diberi wewenang melakukan penilaian terhadap status sebuah lembaga pendidikan tinggi, baik lembaga pendidikan tinggi negeri maupun swasta.

  1. Pernyataan Masalah

Tuntutan perundang-undangan dalam bidang pendidikan, bagi penulis, seyogyanya menyentuh secara implementaif terhadap sistem akreditasi pendidikan tinggi di Indonesia. Sistem Akreditasi Lembaga Pendidikan Tinggi di Indonesia selama ini belum mencerminkan aspirasi masyarakat pendidikan secara komprehensif dan integral. Sistem yang dibangun oleh pemerintah itu  belum berani melibatkan pihak masyarakat, dalam hal ini orang tua atau wali mahasiswa sebagai penikmat dan konsumen produk pendidikan tinggi. Bahkan, lembaga akreditasi pendidikan tinggi nampaknya belum pernah memikirkan mekanisme apakah yang tepat untuk melibatkan pihak masyarakat.

  1. Pertanyaan Masalah

Kekuatan dan kelemahan dari hasil kerja lembaga akreditasi pendidikan tinggi secara langsung berpengaruh terhadap status akreditasi sebuah pergurun tinggi. Status akreditasi perguruan tinggi di Indonesia selama ini belum menjamin kualitas perguruan tinggi tersebut. Mengingat selama ini kekuatan dan kelemahan kerja lembaga akreditasi itu sendiri belum pernah diuji oleh masyarakat pendidikan, terutama pihak orang tua atau wali murid. Pihak masyarakat hanya diposisikan sebagai penikmat hasil produk pendidikan dan tidak pernah dilibatkan didalam proses akreditasi.

Pernyataannya kemudian “adakah kemauan lembaga akreditasi pendidikan tinggi di Indonesia melibatkan pihak masyarakat” ?

About hajisuteja

Alumni IAIN Sunan Ampel (S2) Alumni UIN SGD Bandung (S3) Dosen IAIN CIREBON
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s